Senin, 04 Januari 2021

Pengalaman Treatment di Bclinic Slimming and Aesthetic Clinic Kemang Jakarta

Setelah menyandang status baru sebagai ibu dari dua orang toddler, rasanya sulit untuk lebih memperhatikan diri sendiri. Terlebih setelah memutuskan beralih ke ranah domestik, hal itu membuatku sedikit santai dalam urusan perawatan tubuh. Ini terlihat dari massa tubuh yang meningkat drastis dari 43 kg menjadi 54 kg dan juga beberapa masalah kesehatan wajah. Di wajahku mulai bermunculan bintil-bintil kecil dalam jumlah banyak. Aku belum sempat berkonsultasi dengan dokter kulit, tapi berdasarkan pengamatan pribadi, bintil-bintil ini tampak seperti milia yang disebabkan penumpukan kotoran di jaringan kulit. Semenjak resign, aku memang jadi jarang menggunakan skin care, bahkan facial foam ketika mandi pun sering sekali terlupakan.


Di penghujung tahun kemarin, suami memberikan hadiah yang sangat tidak terduga. Yaitu memberikan waktu untuk menemani istrinya pergi ke salon dan menjaga anak-anak. Ini adalah kali pertama aku pergi ke salon untuk merawat wajah. Pipi rasanya pegal sekali saking seringnya tersenyum. Senang sekaligus deg-degan. Aku berpikir mungkin masalah bintil yang sudah lumayan lama ada di wajah ini bisa terselesaikan.


Berkenalan Dengan Bclinic Slimming and Aesthetic Clinic


Kenapa aku tertarik memilih Bclinic? Karena year end sale. Alasannya sesederhana itu. Ketika melihat snapgram salah seorang teman di medsos, aku kemudian bercerita ke suami tentang promosi tersebut. Bak gayung bersambut, suami langsung menawarkan untuk melakukan treatment. Aku langsung melakukan reservasi via whatsapp untuk esok harinya.



Respon dari cs whatsapp-nya cukup cepat meskipun di luar jam kerja. Walaupun terhitung mendadak, tapi aku cukup beruntung mendapatkan jadwal treatment sekitar jam tiga sore. Dengan menggunakan jasa driver online kami berempat berangkat menuju klinik yang terletak di Jalan Kemang Raya No. 93A itu. 


Jam operasional klinik dimulai dari jam 10.00 sampai 19.00 WIB (waktu dapat berubah disesuaikan dengan kebijakan). Kita bisa dapat berkonsultasi dengan dokternya setiap hari di jam 10.00-17.00 WIB. Namun, sayangnya ketika aku datang, dokter sedang berhalangan hadir, jadi tidak sempat mengkonsultasikan masalah kulit aku.


Untuk informasi lain bisa dilihat di akun instagramnya @bclinicslimming.


Rangkaian Treatment yang Aku Lakukan di Bclinic:


1. Mengisi Data



Setelah menyebutkan reservasi atas nama Riska, saya diminta menunggu sebentar, kemudian diminta untuk mengisi form data pasien baru. Formnya berupa selembar kertas berisi beberapa data krusial pasien seperti nama, tanggal lahir, telepon, alamat, email, yang memberikan referensi jika diberi informasi oleh orang lain dan akun instagram. Form ini yang akan menjadi catatan rekam medis kedepannya. Sayangnya ada coretan tipex di form baru tersebut.

Di lembar ke dua kami diminta mengisi form pernyataan sehat dari penyakit COVID-19. Form tersebut hanya tracing riwayat perjalanan selama 2 minggu terakhir, apakah pernah batuk pilek, melakukan perjalanan ke daerah atau negara yang terpapar, dan sebagainya. Form ini tidak meminta data yang terlalu pribadi misalnya beberapa digit nomor KTP seperti di tempat lain (tempat makan di mall, tempat wisata).

2. Berkonsultasi dengan Beauty Advisor

Setelah mengisi data, saya diberi sandal untuk dipakai selama di klinik. Kemudian Beauty Advisor-nya mengkonfirmasi kembali rangkaian treatment yang aku ambil. Awalnya aku akan memilih paket yang ada laser rejuvenation, tapi menurut beauty advisor, bintil-bintil tersebut tidak akan bisa hilang dengan treatment tersebut, melainkan harus dengan tindakan dokter yaitu di-coulter. Akhirnya aku memutuskan untuk mengambil combination package yang terdiri dari 1x cool plus/RF sineson, 1x resolady/B Glowing, 1x PDT Estelux, 1x Stem Cell Mask. Untuk 4 treatment tadi, hanya membayar IDR 999.000 dari harga normalnya IDR 3.999.000. Murah banget kan? Makanya aku tergoda year end sale-nya. 

Ada baiknya teman-teman sebelum mengambil treatment, mencari tahu dulu fungsi dari masing-masing treatment tersebut, baru mengambil yang benar-benar dibutuhkan, karena pengalaman aku yang hanya sekilas membaca masing-masing fungsinya, terlalu gampang sekali diarahkan oleh beauty advisor-nya untuk mengambil treatment tertentu yang sebenarnya tidak terlalu aku butuhkan. Teman-teman bisa buka akun instagramnya Bclinic untuk mengetahui jasa apa saja yang mereka punya dan masing-masing fungsinya.

3. Treatment


Sebelum dilakukan treatment, aku diminta untuk mengganti pakaian dengan handuk yang disediakan, dan semua proses dilakukan sambil berbaring. Berikut rangkaian treatment yang dilakukan:

  • Pembersihan Wajah
Ini untuk menghilangkan sisa-sisa make up yang tertinggal di wajahUntuk kulit aku yang jarang menggunakan produk kecantikan, rasanya ringan, dan tidak perih.
  • Massage
Bagian wajah dan leher dipijat untuk melancarkan peredaran darah. Perawatnya selalu bertanya jika pijatannya dirasa kurang atau terlalu kencang. Tapi sayang, durasi sebentar, padahal nyaman sekali.
  • Korean Peel 
Treatment ini adalah rangkaian pertama dari B-Glowing. Wajah aku dipakaikan serum AHA karena kulit aku termasuk jenis kulit normal. Untuk jenis kulit yang berminyak biasanya menggunakan serum BHA. Kemudian di-vacuum dengan tujuan agar serum lebih meresap.
Selesai treatment ini, aku ditunjukkan komedo yang berhasil dibersihkan, dan lumayan banyak, wajah aku jadi lembut dan bersih.
  • Micro Bubble
Proses ini terasa agak perih ketika menempel di muka. Wajah di-massage menggunakan capsugen dengan cara dirotasi. Micro Bubble ini bertujuan untuk menstimulasikan oksigen agar naik ke permukaan kulit sehingga memaksimalkan penyerapan serum ke dalam kulit.
  • PDT Estelux

Dalam proses ini, muka rasanya sedang dioven, terasa hangat. Jadi wajah kita dimasukkan ke dalam sebuah alat dengan intensitas cahaya yang tinggi dalam keadaan mata tertutup. Mereka mengklaim treatment ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan kondisi kulit pasien yaitu untuk brightening, anti aging, dan mengurangi jerawat. 

  •  Stem Cell Mask

Pemakaiannya sama kaya masker biasa tapi menutupi mata juga. Fungsinya untuk mencerahkan dan menenangkan kulit setelah treatment. Masker ini baru dilepas setelah melaksanakan RF sineson. Rasanya wajah jadi fresh.

  •  RF Sineson

Praktiknya, treatment ini dilakukan secara manual oleh perawatnya, di bagian punggung ditempelkan semacam lempengan dan bagian perut seperti disetrika, semakin lama terasa panas. Untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudahnya, dilakukan pengukuran di tiga bagian perut, bagian atas, tengah atau bagian pusar, dan bagian bawah. Sayangnya treatment ini kurang cocok untukku, bagian atas perutku hanya berkurang 1 cm, dan bagian lainnya tidak berkurang. Padahal ekspektasi aku cukup tinggi terhadap treatment ini.  

Untuk yang mau mencoba, aku sarankan mencoba Cool Plus dulu dibanding RF sineson, karena dia prosesnya menggunakan alat, jadi lemak dibekukan kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk urine, keringat, dan feses.

Di awal treatment aku bertanya kepada perawat tentang kemungkinan durasi keseluruhan treatment, menurutnya bisa menghabiskan sekitar tiga jam. Tapi ketika menghitung sendiri total durasinya hanya sekitar dua setengah jam saja.

Menyenangkan sekali bisa mendapatkan perawatan wajah. Tapi tentunya ada harga untuk membayar kenyamanan tersebut. Aku sangat menikmati pelayanan di Bclinic kemarin, hanya saja ada satu hal yang cukup mengganggu, ketika melakukan treatment, selama proses menunggu, perawat sering sekali bolak balik ruangan tindakan tanpa melepas sarung tangan, atau misal ketika ada perawatan lain yang mengetuk bertanya tentang alat tertentu, perawat yang menanganiku membuka pintu tanpa melepas sarung tangan. Padahal kita tahu bahwa pintu tersebut pasti kotor dan sarung tangan itu dipakai ke wajah kita. Semoga pihak Bclinic bisa lebih memperhatikan hal kecil seperti itu.


Melihat betapa mahalnya biaya treatment saat ini, penting sekali untuk merawat kulit wajah kita sedini mungkin. Perawatan kulit sejak dini adalah investasi jangka panjang, selain bentuk kecintaan terhadap diri sendiri, juga merupakan bukti syukur kita terhadap Tuhan yang sudah memberikan wajah sebaik-baiknya. Jangan sampai menyesal seperti aku yang masih bermasalah dengan bintil-bintil di wajah!


Continue reading Pengalaman Treatment di Bclinic Slimming and Aesthetic Clinic Kemang Jakarta

Kamis, 10 Desember 2020

Ide Bermain Anak: Membuat Capitan Monster (Bunsay 6)

Nama: Habibi

Usia: 3 tahun 4 bulan

Hari ke: 9

Aktivitas hari ini:

Membuat Capitan Monster

Membuat Capitan Monster


Alat dan Bahan:

  1. 6 buah kardus yang sudah dipotong persegi panjang
  2. 7 buah paku kertas
  3. Kertas
  4. Double tape
  5. Gambar monster


Cara Membuat:

Pasang kardus membuat huruf x

pasang paku kertas di tengah perpotongan huruf x

Kemudian lakukan hal yang sama sampai membentuk xxx

Pasang gambar monster di ujung huruf x yang paling terakhir, tempel dengan menggunakan double tape


Proses Kreativitas:

Mencari cara bagaimana melubangi bagian tengah dari kardus, di sini habibi menggunakan paku beton untuk melubanginya dengan diarahkan oleh ayah. 


Tujuan belajar:


IC (Intelektual Curiosity) 

Bagaimana sebuah capitan bisa mengambil sesuatu barang, mengetahui cara kerja  capitan

CI (Creative Imagination) 

Mampu menggunakan benda di sekitar untuk melubangi kertas, tadinya menggunakan tusukan sate tapi kemudian patah, jadi diganti menggunakan paku beton. 

AD (Art of Discovery) 

Belajar menggunting gambar monster dengan rapi

NA (Noble of Attitude) 

Belajar bersabar dalam mempraktikkan capitan monster ini


Refleksi:

Di luar ekspektasi ternyata Habibi senang sekali bermain ini. Walaupun awalnya agak kesulitan mempraktikkan cara kerjanya, tapi tidak tetap semangat mencoba, dan di ujung pegangan capitan ditambahkan lagi kardus supaya lebih kuat. 


#harike10

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Ide Bermain Anak: Membuat Capitan Monster (Bunsay 6)

Selasa, 08 Desember 2020

Ide Bermain Anak: Belajar Berhitung sambil Memberi Makan Ikan Hiu

Nama: Habibi
Usia: 3 tahun 4 bulan
Hari ke: 9
Aktivitas hari ini:

Memberi Makan Ikan Hiu

Memberi Makan Ikan Hiu



Habibi belajar berhitung sambil memberi makan ikan hiu. Habibi mengambil jumlah ikan kecil yang akan diberikan ke ikan hiu sesuai angka yang Ibu sebutkan. 

Proses Kreativitas:
Mencari cara bagaimana menangkap ikan kecil menggunakan ikan hiu kertas di tangan. 

Tujuan belajar:

Menggunakan topi ikan hiu dan singa



IC (Intelektual Curiosity) 
Belajar kognitif yakni mengetahui simbol angka, dan kuantitasnya. 
CI (Creative Imagination) 
Membayangkan bagaimana ikan hiu makan, menangkap ikan-ikan kecil
AD (Art of Discovery) 
Membuat topi ikan hiu dan singa untuk ade. 
NA (Noble of Attitude) 
Berbagi peran dengan ade

Refleksi:
Hari ini Habibi dalam keadaan mood yang bagus, semua langkah diikuti dengan baik, biasanya Habibi kurang bersemangat jika berhubungan dengan angka dan berhitung, tapi kali ini mungkin karena memakai topi ikan hiu, jadi lebih membuatnya semangat. 

#harike9
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
Continue reading Ide Bermain Anak: Belajar Berhitung sambil Memberi Makan Ikan Hiu

Senin, 07 Desember 2020

Ide Bermain Anak: Menyelamatkan Ikan

Nama: Habibi

Usia: 3 tahun 4 bulan

Hari ke: 8

Aktivitas hari ini:

Menyelamatkan ikan-ikan yang hidup di air tercemar

Menyelamatkan Ikan 


Proses Kreativitas:

Ketika diminta untuk menyelamatkan ikan, mereka bukan memancing ikannya tapi malah membuang air lautnya yang tercemar 🤣


Tujuan belajar:

IC (Intelektual Curiosity) 

Mencari cara untuk menyelamatkan ikan

CI (Creative Imagination) 

Menggunakan water beads sebagai air laut

AD (Art of Discovery) 

Mengenal warna air laut, dan beberapa jenis ikan yang hidup di laut

NA (Noble of Attitude) 

Bersyukur kepada Allah karena diberikan kecukupan air bersih sehingga masih bisa mandi dan minum dengan nyaman. Memahami pentingnya menjaga lingkungan supaya tidak menyakiti hewan dan tumbuhan yang hidup di sana. 


Refleksi:

Aktivitas ini melatih kepekaan Habibi terhadap lingkungan sekitar, ketika Ibu menyebutkan ikan akan mati jika hidup di dalam air laut yang tercemar, dia merasa kasihan dan langsung membuang air lautnya. Melihat solusi dari perspektif lain, selain itu melatih motorik dengan memindahkan water beads ke wadah yang lain. 


#harike8

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Ide Bermain Anak: Menyelamatkan Ikan

Ide Bermain Anak: Bermain Peran

Nama: Habibi

Usia: 3 Tahun 4 bulan

Hari ke: 7

Aktivitas hari ini: 

Bermain peran


Hari ini Ibuk mengikuti aktivitas spontan dari Habibi. Dan dia memilih untuk bermain peran, yakni sebagai koki. Dia memasak sup daging Dinosaurus, bebek goreng, ikan bakar, steak dll. Selain itu kami juga makan bersama masakan Habibi. 


Proses Kreativitas:

Menjadikan mobil mainannya sebagai wajan, raket sebagai panggangan steak, shuttle cock sebagai gelas, dll. 


Tujuan belajar:

IC (Intelektual Curiosity) 

Mengetahui macam-macam jenis memasak, merebus, menggoreng, membakar, dll. 

CI (Creative Imagination) 

Bermain menggunakan mainan seadanya yang dimiliki menjadikannya seolah memiliki fungsi yang lain 

AD (Art of Discovery) 

Mampu menyajikan makanan dengan mainan yang dijadikan sebagai piring. 

NA (Noble of Attitude) 

Membiasakan mengucap Bismillah sebelum beraktivitas dan belajar berdo'a sebelum dan sesudah makan. Belajar adab makan dan minum. 


Refleksi

Mengajarkan anak do'a makan dan minum lebig mudah menggunakan cara bermain peran ini, Habibi tipe yang tidak mau mengikuti jika disuruh dengan sengaja, tapi ketika bermain peran, Ibu mencontohkan berdo'a sebelum dan sesudah makan, dan dia mengikuti. 

#harike7

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Ide Bermain Anak: Bermain Peran

Sabtu, 05 Desember 2020

Ide Bermain Anak: Mengenal Magnet (Bunsay 6)

Nama: Habibi

Usia: 3 tahun 4 bulan

Hari ke: 6

Aktivitas hari ini:

Memancing Ikan

Mengenal Magnet dengan Memancing Ikan

Alat dan Bahan:

  1. Stik es krim
  2. Magnet
  3. Paper clip
  4. Ikan kertas
  5. Aquarium kertas
Cara Bermain:
  1. Magnet ditempelkan ke stik es krim
  2. Paper clip ditempelkan ke ikan kertas
  3. Tempelkan magnet ke ikan seperti seolah sedang memancing
  4. Pindahkan ikan kertas sesuai bentuknya ke aquarium

Proses Kreativitas:

Membuat stik es krim menjadi alat pancing


Tujuan belajar:

IC (Intelektual Curiosity) 

Mengetahui bentuk bangun ruang, mengetahui cara kerja magnet, mengetahui benda yang bisa ditarik oleh magnet

CI (Creative Imagination) 

Memindahkan ikan ke dalam aquarium sesuai bentuknya (mensortir bentuk) 

AD (Art of Discovery) 

Mengetahui berbagai bentuk jenis ikan

NA (Noble of Attitude) 

Mampu menyayangi ikan sebagai salah satu makhluk-Nya, memindahkan ikan ke habitatnya. 


Refleksi:

Habibi sudah mampu membedakan bentuk, karena di bagian aquarium ditempelkan contoh bentuknya, hanya saja masih belum mampu menyebutkan semua nama bentuknya. Habibi sudah mengenal magnet, cara kerja, dan contoh benda yang bisa ditarik oleh magnet. 


#harike

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Ide Bermain Anak: Mengenal Magnet (Bunsay 6)

Jumat, 04 Desember 2020

Ide Bermain Anak: Membuat Diorama Laut (Bunsay 6)

Nama: Habibi

Usia: 3 tahun 4 bulan

Hari ke: 5

Aktivitas hari ini:

Membuat Diorama Laut

Membuat Diorama Laut


Alat dan Bahan:

  1. Plate Paper
  2. Double tape
  3. Pasir
  4. Kerang
  5. Gambar rumput laut, ikan, bintang laut dari kertas
  6. Cat air berwarna biru
  7. Lem kertas
Cara Membuat:
  1. Tempelkan double tape di bagian bawah piring
  2. Buka double tape dan taburkan pasir, ditekan-tekan supaya menempel
  3. Warnai piring bagian atas yang tidak ditaburi pasir menggunakan cat air. 
  4. Kemudian tempelkan ornamen-ornamen seperti ikan, kerang, dll menggunakan lem. Atur sesuai selera. 

Proses Kreativitas:

Menyusun ornamen-ornamen laut 


Tujuan belajar:

IC (Intelektual Curiosity) 

Mengetahui flora dan fauna yang hidup di dalam laut

CI (Creative Imagination) 

Membentuk replika ekosistem di laut menggunakan piring

AD (Art of Discovery) 

Menyusun pasir dan makhluk yang ada di laut agar tampak indah

NA (Noble of Attitude) 

Mengetahui kehidupan yang ada di laut, dan berusaha menjaga agar lingkungan tidak tercemar. 


Refleksi

Habibi melatih motorik halusnya dengan membuka double tape, belajar sensori dengan merasakan tekstur pasir, kemudian mengembangkan nalar dan daya imajinasinya dengan menyusun ornamen-ornamen menjadi sebuah bentuk yang bermakna. Habibi sangat suka aktivitas seperti ini, dia tidak khawatir tangannya kotor terkena cat air atau lem. 


Untuk video kegiatannya, bisa dilihat di sini


#harike5

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Ide Bermain Anak: Membuat Diorama Laut (Bunsay 6)

Kamis, 03 Desember 2020

(Bunsay 6) Ide Bermain Anak: Bermain Busa Warna

Nama: Habibi

Usia: 3 Tahun 4 bulan

Hari ke: 4

Aktivitas hari ini:

Membuat Busa Warna

Bermain busa warna


Alat dan Bahan:

  1. Rak tabung dan tabung reaksi
  2. Asam sitrat
  3. Baking soda
  4. Sabun pencuci piring
  5. Pipet
  6. Pewarna makanan
  7. Air
  8. Wadah (bisa mangkuk atau apapun) 
Cara bermain:
  1. Siapkan tabung reaksi di rak tabung
  2. Masukkan baking soda ke dalam tabung
  3. Tambahkan pewarna makanan
  4. Di dalam wadah yang lain, masukkan asam sitrat, tambahkan air, kemudian diaduk, tambahkan sabun pencuci piring
  5. Pipet larutan asam sitrat, masukkan ke dalam tabung reaksi berisi baking soda dll. 
  6. Amati apa yang terjadi. 

Proses Kreativitas:

Anak dapat mengatur jumlah asam sitrat dan baking soda untuk menghasilkan busa yang diinginkan 


Tujuan belajar:

IC (Intelektual Curiosity) 

Anak mengetahui tentang reaksi antara asam sitrat dan baking soda

CI (Creative Imagination) 

Mengatur volume busa yang dihasilkan

AD (Art of Discovery) 

Memvariasikan warna busa menggunakan pewarna makanan

NA (Noble of Attitude)

Memperhatikan keamanan diri, berhati-hati untuk tidak menyentuh cairan sembarangan karena dikhawatirkan menimbulkan efek gatal. 


Refleksi

Habibi mampu mengikuti instruksi step by step, kemampuan mentransfer cairan menggunakan pipet meningkat, mulai percaya diri untuk melakukan aktivitas tanpa bantuan Ibu. 


Untuk video kegiatannya bisa dilihat di sini


#harike4

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading (Bunsay 6) Ide Bermain Anak: Bermain Busa Warna

Senin, 30 November 2020

(Bunsay 6) Ide Bermain Anak: Membuat Lapisan Pelangi

Nama: Habibi

Usia: 3 tahun 4 bulan

Hari ke: 3

Aktivitas hari ini:

Membuat Lapisan Pelangi

Alat dan Bahan:

  1. Tabung reaksi dan rak tabung reaksi
  2. Pipet
  3. Cairan yang ada di rumah 
Cara Bermain:
Campurkan tiga jenis atau lebih cairan dalam satu tabung reaksi. Amati perubahan warnanya. 




Proses Kreativitas:

Anak mencampurkan beberapa cairan dengan massa jenis yang berbeda. 

Tujuan belajar:


IC (Intelektual Curiosity) 

Mengetahui perbedaan massa jenis setiap cairan

CI (Creative Imagination) 

Mengetahui efek dari perbedaan massa jenis cairan jika beberapa cairan dicampurkan

AD (Art of Discovery) 

Mengamati lapisan warna yang terbentuk akibat perbedaan massa jenis

NA (Noble of Attitude) 

Mampu membagi rata volume cairan dengan sama. 


Refleksi: 

Habibi mampu mentransfer cairan dan menentukan cairan mana saja yang akan dicampurkan. Matanya berbinar ketika melihat lapisan yang terbentuk akibat perbedaan massa jenis cairan. 



#harike3

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading (Bunsay 6) Ide Bermain Anak: Membuat Lapisan Pelangi