Kamis, 29 Desember 2011

Ujian ATLM Day 3

3. Ujian Aplikom

Materi yang diujikan adalah tentang formula-formula yang ada di excel seperti fungsi MID, VALUE, AVERAGE, SUM, HLOOKUP, VLOOKUP, MAX, MIN, SUMIF, COUNTIF, COUNT, RIGHT, LEFT, AND, OR, IF, wahh kalau disebutkan semua terlalu membuang energy kali ya...
Intinya ujian ini menyebalkan, nilaiku dikurangi gara-gara tidak memakai fungsi OR padahal ketika latihan praktik sehari-hari kita samasekali tidak belajar fungsi tersebut. 

Dan lebih menyebalkan lagi karena aku tidak berusaha sendiri untuk mempelajari fungsi itu secara otodidak -_-

Hmmm, tapi alhamdulillah, setidaknya nilaiku not bad. Ga sabar menunggu semester 2, apa yang akan kami pelajari selanjutnya? 

Semoga bukan word, excel, dan ppt (lagi) aamiin. Kalau sampai hal itu terjadi, mungkin aku akan kembali terus menerus mengeluh, jujur aku sudah lelah merasa kecewa dan frustasi terhadap apapun. 

"Ketika kau merasa lelah, memohonlah kepada Allah untuk memberimu kekuatan."

-pesan seorang teman

Dan aku sedang melakukannya sekarang. Semoga Dia memberiku jalan yang terbaik. Aamiin

4. Ujian Praktek Kimia Analitik dan Reagensia

Yang diujikan dalam kimia analitik adalah identifikasi suatu senyawa. 

Jadi kami diberi dua buah sample, kemudian kami harus mengidentifikasi anion dan kation yang terdapat dalam senyawa tersebut. 

Sample ditambahkan dengan dengan zat-zat yang sudah disediakan, kita harus pintar mencari tahu reaksi spesifik, agar proses identifikasi lebih cepat namun tepat.

Kami diperbolehkan membawa sebuah catatan kecil berisi reaksi spesifik tersebut.

Selain itu kami disuruh mengamati warna, bentuk, pH, dan bau dari sample tersebut.

Aku sempat kesulitan ketika mengidentifikasi sample yang pertama karena mungkin pengaruh rasa nervous yang tidak wajar.

Jadi larutan sample tersebut habis sebelum aku sepenuhnya yakin kation dan anion dalam senyawa tersebut. Oh, Dear... 

Untuk sample ke-dua tidak jauh berbeda, aku galau segalau-galaunya... Untuk uji kation aku menambahkan NaOH, larutan berwarna bening kemudian aku menambahkan titan kuning dan larutan berubah menjadi berwarna merah, aku yakin itu Mg.

Tapi ada salah seorang teman yang bisa dibilang lebih mahir dalam hal ini berkata larutanku bukan Mg karena warna merahnya bukan merah darah. Oh Dear... 

Aku galau sekali saat itu. Kemudian aku membandingkannya dengan larutan standard, dan memang warna merahnya berbeda, aku semakin galau. 

Tapi aku tidak melihat kemungkinan lain selain Mg, maka aku pun mengadu nasib(?) dengan nekad menulis Mg. 

Tenyataaaaa... Tadaaaaaa, feelingku benar dari dua sample itu yang identifikasinya kurang tepat adalah kation sample pertama, seharusnya Mn. 

Jadi nilaiku keluar dengan angka 85, walaupun bukan nilai sempurna tapi aku bersyukur, Alhamdulillah yaa Allah :)

Sedangkan praktik reagensia, kami yang berjumlah 40 orang dibagi menjadi dua shift.

Aku masuk shift pertama, dan ternyata masih dibagi lagi, nomor absen 1-10 melakukan praktik membuat larutan NaCl fisiologis 0,85% 100 mL.

Sedangkan dari nomor absen 11-20 melakukan perhitungan. Kami diberi 8 nomor soal hitungan. Nomor 1-4 adalah mencari massa menggunakan rumus

m=N x BE x v


Sedangkan nomor 5-8 mencari volume dengan langkah awal mencari Normalitas:

N= 10 x % x rho / Mr


Dilanjutkan dengan rumus kontinuitas atau pas SMA lebih dikenal dengan rumus pengenceran yaitu:

V1 x N1 = V2 x N2


Alhamdulillah semua lancar, walaupun aku tidak tahu bagaimana hasilnya nanti :)


5. English Practice Exam

We have to present an article about health. But because the time is not enough, so we devided to the two groups. Then the lecturers ask questions about something that we have told.

0 komentar:

Posting Komentar