Kamis, 13 Desember 2018

Nasihat Suamiku

Jarang sekali ada diskusi sebelum tidur, biasanya aku yang mendominasi percakapan dan suami hanya menanggapi. Atau aku juga yang mengorek ngorek informasi kegiatannya di kantor, barulah suami bercerita.

Suamiku tipikal orang yang easy going. Tidak semua masalah harus dipikirkan apalagi dibagi pada istri. Padahal para istri mungkin berpikir sebaliknya. Mereka merasa keberadaannya dihargai ketika suami justru bisa berbagi beban, cerita. Walaupun para istri tidak selalu bisa menawarkan solusi, tapi kami berupaya untuk menentramkan hati, memberikan kenyamanan, menghilangkan penat suami bagaimana pun caranya. Misal tidak menambahkan cerita hari ini dengan keluhan hehehehe :p

Prolognya terlalu panjang, ya ! Jadi singkat cerita, berbeda dengan malam itu, suamiku mengajak berdiskusi.

Beliau berkata, "Beb, kalau kita hanya mengikuti prosedur pemerintah, kita harus menunggu 17-20 tahun. Alhamdulillah kalau kita masih diberi umur, belum lagi kalau nanti kita berangkat pasti sudah lanjut usia. Kayanya kita harus berikhtiar lain."

Aku yang masih sedikit terkejut, menanggapi, "Jadi bagaimana ? Apa mau berangkat umrah saja? Supaya tidak perlu nunggu lama?"

Suamiku berkata, "Kita tetap berangkat haji, tapi kita perlu lebih banyak mendekatkan diri pada Allah. Lebih rajin lagi ibadahnya, lebih khusyuk lagi berdo'anya. Kita bisa berkaca pada pengalaman mimi (Ibu suami), tadinya mimi belum daftar haji, tapi begitu daftar tahun depannya langsung berangkat. Allah selalu ngasih jalan."

Agak sedikit ngeyel dengan berkilah kalau zaman dulu kuota tidak dibatasi seketat sekarang, tapi ujungnya aku berkata, "Iya, beb, kita ikhtiarkan, ayo kita niatkan, perbanyak sholat Hajat, Tahajud, juga sedekah."



Dan malam yang singkat itu pun ditutup dengan pelukan hangat dan kecupan lembut sebagai pengantar tidur. Terimakasih Imamku, semoga kita jadi teman sehidup sesyurga Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar