Senin, 11 Juni 2018

Review Buku Berteman Dengan Demam

Penulis: dr. Arifianto, Sp. A dan dr. Nurul I. Hariadi, FAAP
Editor: Gita Romadhona
Penerbit: KataDepan
Cetakan Pertama, September 2017
x+250 hlm, 14 x 20 cm
ISBN 979-602-6475-76-3



"Anak Sakit, Tak Perlu Panik" kalimat pembuka dari buku langsung memberikan rasa optimis dan penasaran bagi saya sebagai pembacanya. Menghadapi anak sakit, bukanlah hal yang mudah. Rasa khawatir orang tua sering kali berakhir dengan keputusan kurang tepat, anak harus dirawat di rumah sakit, misalnya. Padahal, kondisi anak ternyata tidak memerlukan perawatan.
Karena itu, saat membawa anak ke dokter, ada tiga pertanyaan yang harus terjawab: apa diagnosis anak (dalam bahasa medis), apa saja terapinya (tidak harus selalu berupa obat atau resepnya), dan apa saja kondisi kedaruratan yang harus membuatnya segera dibawa ke dokter?

Buku ini mengupas tentang Demam, Kejang Demam, Demam Berdarah Dengue, Demam Tifoid, Infeksi Saluran Napas, Infeksi Saluran Kemih, Alergi pada Anak, Seputar Bayi Baru Lahir, Diare dan Muntah, Asma.

Yang saya suka dari buku ini adalah penyajiannya yang detail, bahasanya yang mudah dimengerti, daftar pustaka yang ditampilkan dalam setiap bab sesuai bahasan, dan materi yang disampaikan sangat pro-RUM (Rational Use of Medicine). Buku ini bertujuan memberikan edukasi kesehatan sebagai bentuk patient engagement yaitu keterlibatan pasien dalam sistem kesehatan terintegrasi demi kebaikan pasien itu sendiri.

Buku "Berteman dengan Demam" ini merupakan seri perdana dari tiga "Seri Sehat bersama Dokter Apin". Mengupas tidak hanya pada penyakit sehari-hari, juga pada proses tumbuh-kembang anak, sampai ke isu-isu penting yang melibatkan anak seperti imunisasi dan penggunaan antibiotik.

Buku ini sangat layak dibaca oleh para orang tua atau semua orang yang terlibat dalam pengasuhan anak.

⭐⭐⭐⭐⭐

0 komentar:

Posting Komentar