Rabu, 06 Juni 2018

Mencari Tahu Bakat Diri, Bekal Menjadi Ibu Produktif

Di NHW 7 Matrikulasi Institut Ibu Profesional, kami diajak untuk mengkonfirmasi potensi kekuatan dan kelemahan menggunakan tools yang dibuat oleh para ahli di bidang pemetaan bakat. Ada banyak tools yang sudah diciptakan oleh para ahli tersebut, diantaranya dapat dilihat secara online di www.temubakat.com http://tesbakatindonesia.com/ www.tipskarir.com dan masih banyak lagi berbagai tes bakat online maupun offline yang bisa kita pelajari.

salah satu tools yang bisa dicoba adalah www.temubakat.com yang kebetulan kita bisa mengkonfirmasi langsung ke penciptanya yaitu Abah Rama Royani, yang sering menjadi guru tamu di komunitas Ibu Profesional.

Bagi Anda yang ingin memakai fasilitas Free di temubakat.com silakan ikuti panduan di bawah ini:

  1. Masuk ke www.temubakat.com

  2. Isi nama lengkap Anda dan isi nama organisasi: Ibu Profesional

  3. Jawab Questioner yang ada di sana, setelah itu download hasilnya

  4. Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yang Anda rasakan selama ini.


Nah, berikut hasil temu bakat saya:

Picture1

Mari kita jabarkan, sesuai ga ya dengan yang saya rasakan selama ini?

1. AnalystPicture2

Saya tidak bisa mengkonfirmasi tentang hal yang satu ini, tapi saya memang menyukai ilmu pasti seperti matematika, tapi untuk analisis data, saya belum berkesempatan untuk mendalami lebih jauh hal tersebut.

2. CommanderPicture3

Mungkin pengaruh menjadi anak sulung, maka saya terbiasa mengambil tanggungjawab, saya terbiasa membagi tugas sesuai dengan peran dan kecakapan orang-orang di sekitar saya.

3. EducatorPicture4

Passion saya sepertinya memang mengajar, saya senang mendampingi anak belajar, sabar dan detail dalam menjelaskan sesuatu hal.

4. JournalistPicture5

Ini juga sesuai dengan kebiasaan saya. Dari dulu saya suka menulis diary, beranjak dewasa saya belajar menulis di blog, tapi tidak ada yng spesial.

5. StrategistPicture6

Dari SMA saya sudah terbiasa membuat mind mapping.

6. TreasuryPicture7

Saya suka mencatat daily expenses, tapi setelah menikah terkadang kurang konsisten.

7. VisionaryPicture8

Ya, terkadang saya stress dengan diri saya sendiri, merasa kurang rileks. Tapi saya memang mempersiapkan sedini mungkin untuk tujuan jangka panjang seperti dana pendidikan anak, impian bersama suami, bahkan dalam menentukan destinasi liburan pun, saya selalu membuat itenary. Kurang menantang, ya? :D

Itu tadi potensi kekuatan saya, sekarang akan saya bahas potensi kelemahan saya:

1. Explorer

Picture9

Saya sulit menghubungkannya dengan kehidupan, maksudnya memberi contoh dalam kehidupan. Senang mempelajari latar belakang? Hmm... Apakah semacam stalking? Hahaha. Ini saya suka kok sebenarnya terlebih background para orang penting yang tercatat dalam sejarah.

 

2. Marketer

Picture10

Mungkin saya memang tidak cocok dalam hal ini, saya tidak menemukan alasan yang tepat.

3. Motivator

Picture11

Saya seorang yang good listener, tapi kadang suka susah untuk memberikan motivasi. Saya merasa kikuk jika menghadapi orang yang sedih. Khawatir membuat suasana tidak sesuai yang diharapkan dan lain-lain.

4. Producer

Picture12

Saya suka kok, membuat prakarya seperti DIY, Craft dan hal semacamnya tapi tidak ahli.

5. Safekeeper

Picture13

Hm, saya rasa semua wanita tepatnya semua ibu dilahirkan menjadi safekeeper, mereka super protektif soal keamanan buah hati mereka.

6. Seller

Picture14

Sejauh ini saya memang kurang konsisten dalam berbisnis melalui online shop, saya butuh tuntutan, makanya mungkin saya lebih cocok bekerja di ranah publik.

7. Server

Picture15

Saya bekerja di bidang jasa kesehatan, tapi entahlah, apakah itu berarti saya salah masuk jurusan? wkwk

 

Dari skema di atas, saya tidak berani membuat sebuah kesimpulan. Apakah selama ini saya menggeluti pekerjaan sesuai dengan bakat dan minat? Semoga para pencari bakat menemukan passion mereka sebelum terlambat.

0 komentar:

Posting Komentar