Selasa, 07 Mei 2019

Enam Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Belanja Online

Belanja online memang lebih praktis. Pilih barang, bayar, dan barang sampai di tempat kita. Tidak perlu bermacet-macetan, kepanasan, kehujanan, berdesak-desakan, tawar menawar, dan segala dilema lainnya ketika belanja offline.

Tapi belanja online juga berisiko. Tidak semua orang atau shop adalah trusted seller. Ada saja oknum yang mengambil keuntungan secara tidak halal dari bisnis online. 

Adapun beberapa hal yang perlu dicermati sebelum memutuskan belanja online:

1. Review customer

Ketika berbelanja di marketplace, yang perlu kita lihat adalah review dari para customer. Review yang positif bisa menjadi pertimbangan.



2. Respon penjual

Respon penjual bisa dilihat dari caranya membalas chat kita, informatif atau tidak, fast respon atau tidak, atau juga dari gayanya dalam membalas review customer. Pernah sekali saya melihat ada seller yang marah-marah bahkan mendo'akan customernya kena adzab karena customer memberikan bintang satu. Ngeri kan?

3. Deskripsi produk
Ini yang paling sering dilewatkan. Sesuaikah barang dengan keinginan kita? Jangan sampai barang yang sudah dibayar ketika datang ternyata tidak sesuai. Ketika kita complain ke seller padahal ternyata kita yang kurang cermat dalam membaca deskripsi produk.

4. Total penjualan
Semakin banyak total penjualan dari sebuah shop menandakan bahwa banyak customer yang percaya kepada shop tersebut.Tapi untuk produk yang nominalnya tidak terlalu besar dan barangnya benar-benar saya butuhkan, biasanya poin ini tidak terlalu saya perhitungkan. Karena pengalaman menjadi seller, tidak semua produk laris manis, hal tersebut bukan berarti karena kita bukan trustes shop kan?

5. Biaya ongkir dan alamat toko
Kita tidak mau kan biaya ongkir jauh lebih besar dibanding barang yang kita beli? Oleh karena itu penting untuk memperhitungkan alamat shop yang paling dekat dengan alamat kita.

6. Pemilihan Ekspedisi
Ini juga penting, loh! Pengalaman saya ketika membeli handphone di marketplace menjadi terkendala. Waktu pengirimannya menjadi lebih lama karena ada salah sortir. Carilah ekspedisi yang profesional.Nah, dengan pertimbangan di atas, jangan ragu untuk belanja online, tapi pastikan kita membeli di trusted seller, ya! Happy shopping!

0 komentar:

Posting Komentar