Jumat, 23 Mei 2014

Need more Revisi!

Setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing, beliau menyarankan saya untuk mencari prosedur standar pemeriksaan Antioksidan dengan menggunakan DPPH di BPOM atau dosen farmasi Poltekkes Bandung.

Akhirnya saya memutuskan detik itu juga untuk mengunjungi BPOM. Saya baru tahu bahwa BPOM berada dalam satu kawasan dengan Dinas Kesehatan yaitu di Jalan Pasteur No. 25 Bandung 40171.

image

Sesampainya di sana saya langsung menuju gedung BPOM, ternyata sepi karena kebetulan saya datang di jam istirahat. Ada seseorang yang menyambut kedatangan saya dan beliau memberi arahan tentang proses birokrasi di sana. Saya diarahkan ke bagian SERLIK.

image

Untuk melakukan kunjungan ke BPOM saya harus membawa surat pengantar dari kampus. Datang dengan tangan kosong tanpa surat pengantar terpaksa saya harus kembali lagi di lain waktu.

Setelah dari BPOM saya bergegas mengunjungi Pak Indro dosen Farmasi dengan maksud untuk berkonsultasi. Setelah berdiskusi panjang lebar (tidak hanya tentang penelitian, tapi juga tentang mind mapping, personal life, politik, karir, dsb sampai kami terhanyut suasana dan menangis bersama) ternyata penelitian antioksidan pada kecap sulit untuk dilaksanakan. Mengingat warna DPPH yang ungu gelap dan kecap yang berwarna hitam, maka akan sulit dibaca oleh spektrofotometer. Beliau menyarankan untuk meneliti langsung dari kedelai.

Maka berbekal saran dari beliau saya kembali ke kampus bermaksud untuk kembali konsultasi dengan pembimbing saya, namun sebelumnya saya mengunjungi bagian administrasi untuk meminta surat pengantar ke BPOM. Ternyata di sana saya bertemu dengan pembimbing, kebetulan sekali, jadi berdasarkan obrolan singkat, pada dasarnya pembimbing saya setuju untuk mengubah sampel penelitian. Masih belum jelas seperti apa nanti, mudah-mudahan Allah senantiasa menunjukkan jalan yang terbaik.


1 komentar: