Jumat, 19 April 2019

Cara Mengatasi Meter Listrik yang Ada Bacaan Periksa

Setelah kasus pemblokiran meter listrik kemarin, maka dilakukan instalasi meter yang baru. Ternyata esok harinya ketika dicek, ada bacaan Periksa di layar meternya.

Berdasarkan informasi yang aku dapat dari internet, beberapa penyebab munculnya bacaan Periksa tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kualitas Kabel

Standar instalasi kabel listrik primer adalah 1,5 mm, jika menggunakan kabel di bawah itu, akan memunculkan error di meter listrik.

2. Pemasangan Ground

Kesalahan pemasangan ground juga bisa menimbulkan error bacaan periksa pada meteran listrik. Sebaiknya pasang ground sebelum pasang meter KWh.



3. Listrik bocor

Selain ukuran kabel yang tidak standar, sambungan kabel yang longgar atau terkelupas juga memungkinkan menimbulkan error.

4. Tegangan Listrik tak stabil

Kondisi tegangan listrik yang naik turun, serta adanya gangguan jaringan juga berpotensi menimbulkan error.

5. Tombol temper

Ada sebuah tombol keamanan dalam meter listrik prabayar yang melindungi dari gangguan luar. Tombol ini fungsinya mengamankan meteran dari orang yang berusaha membuka meteran. Ketika cover dibuka, maka tombol temper akan menyala dan terjadi error "periksa".

Kasus tombol temper lah yang paling sering terjadi. Ketika error "periksa" tersebut terjadi maka yang harus dilakukan adalah:

1. Menghubungi pihak PLN. Kalau saya, untuk daerah Majalengka dan sekitarnya bisa menghubungi 022 123.

2. Siapkan no meter Anda.

3. Tunggu petugas mengecek penyebab error dan menyelesaikannya.



Sedangkan yang kami alami, setelah melapor ke pihak PLN 022 123, kami mendapat telpon dari pihak PLN area setempat menanyakan no meter rumah. Kemudian beliau menginformasikan kode reset temper berikut langkah kerjanya. Kode reset temper itu berjumlah 20 digit. Jadi ketika sudah mendapatkan kode reset, tinggal masukan ke meter kemudian enter (seperti mengisi pulsa).

0 komentar:

Posting Komentar