Minggu, 11 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak: Membuat Sereal

Kebiasaan makan sedari mpasi tampaknya sudah menjadi jam biologis bagi anak-anak. Tiga kali makan berat dan dua kali selingan. 

Kadang kalau tidak tersedia buah-buahan di rumah, saya hanya menyediakan sereal untuk anak-anak. 

Kali ini saya mengajak Abang untuk membuat sereal bersama-sama dengan harapan kapan pun Abang lapar, bisa berinisiatif menyiapkan makanannya sendiri, dimulai dari hal yang sederhana yaitu membuat sereal. 



Saya menyediakan dua bungkus sereal dan satu bungkus susu cair kemasan kadang susu sachet. Tapi kali ini karena saya bermaksud mengajari Abang, maka saya menggunakan susu kemasan yang sudah saya pindahkan ke gelas. Saya sediakan mangkuk, dan Abang yang menuangkan sereal dan susunya. Hidangan praktis yang disukai anak-anak. 

Tantangan kali ini adalah Abang masih menumpahkan sebagian susu ketika menuangkannya ke dalam mangkuk. Tapi Abang sangat suka sekali dilibatkan dalam aktivitas Ibunya, matanya terlihat berbinar-binar ketika berlatih membuat sereal ini. 


#harike9

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Melatih Kemandirian Anak: Membuat Sereal

Melatih Kemandirian Anak: Mengupas Buah

Melatih kemandirian anak seperti mengupas buah sebenarnya selain mempersiapkan anak untuk menghadapi kehidupan ke depannya, ternyata bisa melatih motorik halusnya. Tangannya menjadi lebih terampil, dan melatih perkembangan anak dalam penguasaan emosinya. 


Mengupas buah pisang menjadi salah satu aktivitas sensori yang menyenangkan bagi anak-anak. Di awal Abang masih agak kesulitan untuk mengupas buah pisang, tapi setelah diberi contoh, gerak tangannya dalam mengupas semakin cepat dan terlatih. 

Dalam satu hari latihan itu, Abang menghabiskan satu sisir pisang sendirian, entah karena lapar atau karena senang setelah menguasai hal baru (mengupas). 

Untuk ke depannya saya akan menambah variasi buah yang bisa dikupas, seperti buah Rambutan, kelengkeng, jeruk, salak, dan buah-buah lainnya yang disukai oleh Abang.
 
Ketika diobservasi ternyata Abang begitu excited dengan aktivitas ini. Setelah berjuang mengupas kulit buah, mulutnya langsung sumringah sambil memasukkan buah pisang ke dalam mulutnya. 

Memang buah dari kerja keras itu manis, ya, Bang? Secara tidak langsung, saya menyelipkan nilai tentang usaha dan kerja keras dalam aktivitas ini. 

#harike8
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
Continue reading Melatih Kemandirian Anak: Mengupas Buah

Jumat, 09 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak: Memutuskan Pilihan Sendiri

Di umurnya yang sudah tiga tahun, setiap keputusan masih selalu didominasi oleh Ibu. Tapi Abang lebih ekspresif dan berani menyuarakan pendapatnya jika bersama Ayah. Misal mau memilih baju yang mana. Sedangkan jika bersama Ibu, dia lebih bersikap sumuhun dawuh saja. 

Kegiatan di daycare yaitu belajar menyusun gambar mini seri, membuat saya tersadar, jika Abang sudah waktunya diberi kewenangan untuk memutuskan pilihan sendiri, tidak melulu mengikuti keputusan Ibu. 



Beberapa sikap yang saya ambil ketika memberi Abang kesempatan untuk memutuskan pilihan sendiri diantaranya:

1. Berkomunikasi

Selama ini Abang biasanya hanya menerima keputusan Ibu, sedikit demi sedikit saya mencoba untuk lebih sering bertanya, apa keinginannya, dan juga memberikan lebih banyak pilihan. 

2. Menghargai Pilihannya

Walaupun terkadang pilihannya kurang pas, misal memilih pakaian adik untuk dipakai, saya berusaha tetap mengapresiasinya sambil meluruskan fungsi dari masing-masing pakaian. 

Sejauh ini Abang sudah paham kepemilikan, jadi tidak terlalu sulit untuk menjelaskannya. Begitu pun ketika menyusun gambar mini seri, saya bertanya jika melakukan suatu aktivitas tertentu, hal apa yang kita lakukan terlebih dahulu, dan Alhamdulillah Abang sudah bisa menentukan urutannya. 

Tantangan dari kegiatan memerdekakan anak untuk mengambil keputusan sendiri ini adalah ego Ibu yang masih tinggi, saya harus belajar lebih menghargai keputusannya walaupun kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Perasaan saya ketika melakukan aktivitas ini adalah bahagia dan bangga. Begitupun Abang, dia semangat dan bangga dengan pilihannya. 


#harike7

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia


Continue reading Melatih Kemandirian Anak: Memutuskan Pilihan Sendiri

Rabu, 07 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak: Learning Healthy Habit

Sebuah keputusan besar lainnya yang saya ambil adalah mendaftarkan Abang kelas online di Little Explorer Daycare. 

Dan Alhamdulillah keputusan tersebut tidak sia-sia. Abang semangat sekali mengikuti setiap instruksi Miss-nya. Walaupun jadwal belajarnya mepet dengan jam tidur, tapi Abang tetap happy. 

Jika ada yang berkata, kita tidak pernah terlalu tua untuk belajar, maka hal tersebut pun berlaku untuk anak-anak, tidak ada kata terlalu muda untuk belajar. 

Seperti yang dijelaskan dalam buku Hebatnya Hipnosis Anak bahwa sampai usia 7 tahun, anak-anak masih didominasi oleh pikiran bawah sadar, oleh karena itu, momen ini adalah kesempatan emas bagi para orang tua untuk melejitkan potensi anak dengan sugesti dan aktivitas positif yang tidak hanya membuat anak-anak bahagia tetapi juga bisa menstimulus sensori mereka. 

Di pertemuan pertama kelas online ini, kami belajar tentang tema healthy habit, yaitu mengajarkan anak tentang pentingnya mencuci tangan. 

Strategi yang dilakukan untuk menanamkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan simulasi. Di kelas online, kami belajar menggunakan percobaan science sederhana, diantaranya:

1. Memasukkan gambar tangan ke dalam air



Percobaan ini menggunakan prinsip ilusi optik atau pembiasan. Cahay dibelokkan oleh optik, dalam hal ini adalah air. Jadi, ketika dilihat dari atas, tangan yang kotor ketika dimasukkan ke dalam air terlihat menjadi bersih. 

2. Mencuci tangan menggunakan glitter dan sabun

Teknisnya kami memasukkan glitter ke dalam air, ketika tangan dicelupkan ke air yang sudah dimasukkan glitter tersebut, maka glitter akan menempel pada tangan. 

Tangan satunya yang masih bersih, kami oleskan sabun, kemudian dicelupkan ke dalam air yang berisi glitter tadi, dan glitter tidak menempel. Ini mengajarkan anak tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun. 

3. Mencuci gambar tangan dengan memasukkannya ke dalam keran air



Teknisnya gambar tangan yang ditaruh gambar bakteri, digeser ke kanan atau kiri masuk ke lubang gambar keran air. Maka gambar bakteri akan tersangkut di air, dan tangan menjadi bersih. 



Selain dengan melakukan simulasi, kami juga belajar gerakan mencuci tangan. Alhamdulillah Habibi bisa mengikuti instruksi, walaupun masih terlihat bingung. Tantangannya ketika melihat air, dia tidak mau berhenti dan ingin terus bermain air. 

Perasaan Ibu as always, bahagia sekali mendampingi setiap aktivitas atau hal-hal baru yang dilakukan anak. 

Reaksi Abang: Excited, fokus, dan ingin menampilkan yang terbaik pada Ibunya. 

Terimakasih anakku. I love you. 

Untuk video keseruan kami hari ini, sudah diupload ke vlog pribadi kami, klik di sini ya! 


#harike6

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Melatih Kemandirian Anak: Learning Healthy Habit

Review Buku Hebatnya Hipnosis Anak: Strategi Tepat Mengelola Emosi Anak Anda

Penulis: Asep Herna - Master Hypnotherapy (Certified Instructor) 

Penerbit: Pandamedia

Tahun terbit: 2014

ISBN: 979-780-705-3

Review-Buku-Hipnosis-Anak

Praktik Hipnosis dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernahkah ketika anak terjatuh, kemudian hanya dengan satu kali usapan atau tiupan dari Ibu, rasa sakit anak hilang?

Atau pernahkah ketika anak menangis kemudian dengan pelukan hangat dari Ibu, anak berhenti menangis?

Ternyata secara tidak sadar dalam keseharian kita sudah menerapkan praktik hipnosis. 

Hipnosis adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mengupas secara teknis tentang pikiran bawah sadar dan salah satu cabangnya yang mengenai pemberdayaan pikiran bawah sadar adalah hipnoterapi. 


Dalam buku ini penulis berharap dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana membantu anak-anak dalam mengolah sumber daya yang dimilikinya. Buku ini juga diharapkan dapat membantu anak-anak untuk melewati berbagai gangguan psikologis yang mungkin terjadi dalam perjalanan menuju kedewasaannya. 


Pernahkah kita bertanya kenapa bayi dari mulai lahir menunjukkan kecerdasan yang luar biasa? Dari yang hanya bisa menangis, kemudian bisa mulai melihat, tertawa, merangkak sampai berjalan. Ternyata anak kecil usia nol sampai tiga tahun sangat didominasi oleh pikiran bawah sadarnya. Pikiran sadarnya baru mulai aktif ketika usia tiga tahun, walaupun masih tetap didominasi oleh pikiran bawah sadar sampai usia tujuh tahun. 


Mengoptimalkan Potensi Anak Melalui Hipnosis

Lantas bagaimana cara kita memberdayakan potensi anak melalui hipnosis? Seperti komputer, pikiran bawah sadar adalah hardware, dan sugesti adalah softwarenya. Kita bisa menginstall program-program yang bermanfaat ke dalam hardware. 


Saya sering merasa sedih ketika berkomunikasi dengan anak tapi mereka terlihat tidak mengacuhkan saya. Ternyata dalam buku ini dijelaskan bahwa ketika anak terlihat seperti tidak menyimak apa yang kita dengarkan, itu adalah waktu yang tepat untuk menanamkan sugesti positif pada anak.


Dalam buku ini dijelaskan ada dua puluh momen sugestif anak, ketika pikiran bawah sadarnya terbuka lebar secara alamiah, diantaranya

  1. ketika mengantuk,
  2. 30 menit pertama ketika tidur,
  3. ketika bermimpi,
  4. ketika mengigau,
  5. 30 menit sebelum bangun,
  6. ketika fokus membaca buku,
  7. ketika bermain game,
  8. ketika menonton,
  9. ketika asyik menggambar, melukis atau menulis panjang,
  10. ketika melamun,
  11. ketika mengingat sesuatu,
  12. ketika bingung,
  13. ketika banjir informasi,
  14. ketika terkejut,
  15. ketika terpana atau kagum,
  16. ketika menangis,
  17. ketika marah,
  18. ketika sedih,
  19. ketika takut, dan
  20. ketika berdo'a. 


Penulis menyatakan sekitar 80% penyakit adalah penyakit mental. Yang menarik adalah pengalaman penulis ketika melakukan hipnoterapi pada anak penderita lupus yaitu penyakit autoimun. Penulis berpikir jika tangan dan kaki saja bisa dikendalikan oleh otak, begitupun sel darah putih.


Lupus adalah penyakit yang masih belum ditemukan obatnya, dan penulis mengklaim sampai bukunya selesai ditulis, gejala lupus yang dialami anak tersebut sudah mulai menghilang dan dokternya pun menyatakan bahwa kemajuan anak tersebut sangat pesat. Menurut saya ini adalah sebuah pernyataan yang sangat berani walaupun based on experience. 


Selain diajak untuk memahami mekanisme pemikiran anak, kita juga diajak untuk mengelola emosi dan mengeksplorasi bahasa anak. Penulis juga membagikan tekniknya dalam bentuk permainan yang dapat dilakukan bersama anak-anak. Permainan-permainan tersebut pernah saya temui dalam seminar ESQ ketika sekolah menengah. 


Menurut saya buku ini bisa dibaca oleh anak-anak sekolah maupun orang tua atau calon orang tua, karena dalam buku ini tidak hanya dijelaskan tentang bagaimana melejitkan potensi anak saja tetapi juga bagaimana kita bisa mengelola emosi kita sebagai manusia. Dan beberapa teknik dalam buku ini pernah saya praktikkan, and it worked. 


Saya melihat proses hipnoterapi ini penting dilakukan oleh kita sebagai orang tua untuk membangun mental positif anak, menjawab berbagai masalah mental anak baik yang berkaitan dengan proses belajarnya maupun di luar hal yang berhubungan dengan proses belajar tersebut.


Sebagai orang tua kita bisa melakukan hipnoterapi sederhana selama kita mengetahui momen krusial sugestif anak dan memahami strukturnya seperti yang dijelaskan di buku ini. Salah satunya kuncinya adalah komunikasi atau kemampuan berbahasa yang bisa digunakan sebagai alat empowerment


Saya mendapatkan ebook ini secara resmi sebagai hadiah dari sebuah acara GeMAH atau Gerakan menghafal Asmaul Husna yang dimotori oleh coach Kemas Aditya (Licensed ESQ Trainer DR HC Ary Ginanjar Agustian). Jadi belum bisa mengeksplorasi audio untuk empowermentnya.


Membaca buku ini saya teringat pada salah satu drama korea yang berjudul Sky Castle, dimana salah satu lakonnya adalah seorang mentor yang berhasil meloloskan para menteenya masuk ke universitas-universitas paling bergengsi di Korea dengan jaminan 100% lolos. Ternyata salah satu metode yang digunakan selain teknik belajar seperti posisi meja belajar, pencahayaan yang tepat, juga menggunakan hipnoterapi. Melihat efeknya sungguh mencengangkan. 


⭐⭐⭐⭐

Continue reading Review Buku Hebatnya Hipnosis Anak: Strategi Tepat Mengelola Emosi Anak Anda

Senin, 05 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak: Pergi ke Toilet

Walaupun sudah lulus toilet training, terkadang saya masih kecolongan. Akhirnya saya masih membiasakan untuk mentatur Abang. 

Bedanya hanya frekuensinya yang dikurangi. Jika awal latihan toilet training, saya mentatur Abang setiap 30 menit sekali, saya mengubahnya menjadi 1 jam sekali atau sekarang setelah lulus menjadi setiap 3 jam sekali. 

Seringnya Abang masih saya temani untuk pergi ke toilet. Tapi saya berusaha untuk membiasakannya pergi sendiri. 

Strategi yang sudah saya lakukan, diantaranya:

1. Memakaikan celana yang mudah dilepas

Saya membeli sekitar selusin celana pendek yang berkaret, khusus untuk latihan toilet training, supaya memudahkan Abang melepas celananya. 

2. Membiasakan Anak Buang Air Kecil di tempat yang sama

Dengan mengetahui dimana seharusnya dia BAK, anak akan terbiasa dan menjadi familiar dengan lingkungan tersebut, sehingga Anak tidak merasa takut. 

3. Mempersuasi Anak

Ini adalah hal yang paling penting menurut saya. Berkomunikasi dengan anak, memberikan dorongan dan semangat padanya akan menumbuhkan kepercayaan dirinya, membuat dirinya yakin, bahwa dia mampu dan akhirnya menghargai dirinya sendiri. 

Tantangannya terkadang Abang masih suka tergoda untuk main air, sehingga lama di toilet, bajunya basah, atau kadang adiknya mengikutinya ke toilet, sehingga Abang kurang fokus dan akhirnya malah bermain. Tapi saya melihat Abang selalu antusias. 


#harike5

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Melatih Kemandirian Anak: Pergi ke Toilet

Melatih Kemandirian Anak: Menjaga Adik

Ketika Ibu terdesak kebutuhan untuk ke toilet sedangkan di rumah tidak ada orang untuk menjaga anak-anak, pasti bingung dan khawatir. Terlebih jika ada dua orang balita yang sedang aktif-aktifnya. 

Akhirnya walaupun usia si Abang baru tiga tahun, mau tidak mau Ibu menitipkan adik kepada Abang. 


Strategi yang saya ambil ketika menitipkan adik ke Abang diantaranya:

1. Memberi pengertian bahwa Ibu butuh pergi sementara waktu

Di usianya yang menginjak 3 tahun, Abang sudah bisa menangkap instruksi dengan baik. Jadi ketika saya butuh pergi ke toilet atau melakukan aktivitas apapun, hal pertama yang saya lakukan adalah memberitahu Abang, sekaligus meminta izin atau tolong. 

2. Memberikan Kepercayaan dan Tanggung Jawab pada Abang

Memiliki dua orang anak laki-laki dengan rentang usia yang tidak begitu jauh, membuat khawatir. Tapi saya berusaha mempercayai Abang, dengan mengatakan kepadanya, bahwa saya sangat mengandalkannya untuk menjaga Adik ketika Ibu pergi, walau hanya ke toilet. Ketika merasa dibutuhkan atau dipercaya, Alhamdulillah Abang menunjukkan optimisme dan kedewasaannya muncul. 

3. Memastikan Kondisi Aman

Ketika saya tidak bisa memantau anak-anak, saya berusaha memastikan keadaan aman, misalnya dengan mengunci pintu depan, supaya tidak ada orang lain yang masuk ketika saya di toilet. Juga menyingkirkan benda-benda yang berpotensi membahayakan anak-anak. 

4. Memberikan Mainan atau Makanan

Anak-anak biasanya aktif dan kreatif, tapi meskipun begitu, saya menyediakan mainan atau busy book dan buku-buku bacaan untuk mengalihkan perhatian mereka supaya tidak terlalu kehilangan ketika Ibu pergi. 

Tantangannya walaupun Abang sudah bisa diandalkan untuk menjaga Adik, tapi mereka masih sering berebut mainan. 

Abang yang sudah mengerti kepemilikan kadang merasa risih ketika Adik merebut mainannya. Akhirnya adik menangis karena keinginannya tidak terpenuhi, tapi kemudian jika melihat adiknya menangis, Abang akan mengalah dan memberikannya mainan. 


#harike4

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Melatih Kemandirian Anak: Menjaga Adik

Sabtu, 03 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak untuk Makan Sendiri

Mengikhlaskan anak makan sendiri merupakan hal yang menantang, hal ini sudah lama kami lakukan tapi masih belum konsisten. 

Saya merasa kegiatan makan sendiri ini seharusnya sudah bisa dilakukan oleh Abang, tapi karena saya sering kali membatasi kesempatannya untuk makan sendiri, Abang jadi belum mahir. 

"Izinkan dia membiasakan diri!"

Kalimat tersebut selalu saya ucapkan sebagai pengingat ketika hati merasa berat. 

Tantangannya membiarkan anak makan sendiri adalah berantakan, makanan berserak dimana-mana, anak menjadi pilih-pilih makanan, hanya memakan makanan yang dia inginkan, tidak sabar untuk menyuapkan makanan ke mulut, sehingga mulutnya penuh, makanan diemut, dan akhirnya makanan dilepeh dan terbuang. 

Hal yang perlu dilakukan sebelum melatih anak makan sendiri adalah mengubah mindset, bahwa keadaan berantakan, kotor adalah proses belajar anak, proses untuk melatih skill, dan proses anak menjadi mandiri. 

Jadi, izinkan, relakan, ikhlaskan, membersihkan tempat yang kotor hanya butuh waktu beberapa menit saja, hal tersebut tidak sebanding dengan kekayaan ilmu dan pengalaman yang diperoleh anak. Biarkan anak merdeka belajar. Tapi mengubah mindset adalah hal yang tersulit dalam prosesnya. 


Selain itu strategi lain yang saya terapkan dalam melatih anak makan sendiri, diantaranya:

1. Menetapkan Jam Biologis Anak untuk Makan

Hal pertama yang saya lakukan adalah menetapkan jam berapa anak untuk makan pagi, siang atau sore. Dan itu dilakukan secara konsisten, sehingga lama kelamaan hal tersebut akan membentuk jam biologis anak merasa lapar. Maka di jam-jam tersebut kita bisa mengkondisikan persiapan untuk anak makan. 

2. Mengajak Berdo'a Sebelum dan Sesudah Makan



Ini adalah proses yang wajib dilakukan, melibatkan Allah dalam setiap aktivitas anak, agar anak mengenal Tuhannya, dan bisa bersyukur atas karunia-Nya. 

3. Membuat Variasi Makanan

Hal ini dimaksudkan agar anak tertarik untuk makan, dan juga bisa mengeksplorasi setiap rasa dari makanan baru. Sehingga diharapkan anak tidak picky eater 

4. Mempermudah Anak ketika Proses Makan



Saya biasanya membulat-bulatkan nasi kemudian di atasnya disimpan lauk atau sayur. Sehingga anak mudah untuk mengambilnya. Tapi Abang masih kesulitan, dia mengambil makanannya dengan telapak tangan bukan cuma jari. Jika makanannya berkuah, saya beri sendok kecil sesuai genggamannya agar anak mudah untuk menyuap. 

5. Membuat Suasana Makan Terasa Menyenangkan

Misalnya dengan menggunakan peralatan makan yang lucu atau karakter kartun yang disukai anak, tidak memaksa anak untuk menghabiskan makanannya, tidak mengomelinya ketika makanan berantakan. 

Intinya menghela nafas panjang ketika melihat tingkah ajaib anak, biarkan dia merdeka belajar juga memujinya karena bersedia makan sendiri. 


Perasaan saya ketika mengajari anak makan sendiri adalah gemas hehehe. Sedangkan respon anak sendiri, dia bahagia dan begitu berenergi untuk makan sendiri. Alhamdulillah semoga Abang semakin terlatih dan terbiasa melakukan satu persatu kegiatan memenuhi kebutuhannya sendiri. 


#harike3

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Melatih Kemandirian Anak untuk Makan Sendiri

Jumat, 02 Oktober 2020

Tips Mengajak Anak Merapikan Mainannya

Anak-anak sangat suka sekali bermain tapi tidak jarang mereka juga cepat sekali bosan. Sehingga mereka sering gonta-ganti mainan. 

Ketika pekerjaan rumah menumpuk, ditambah harus merapikan mainan anak-anak yang tiada habis-habisnya, dirapikan berantakan lagi, begitu terus. Nah, supaya moms tetap terjaga kewarasannya, dan tidak membatasi kreativitas anak-anak dengan melarangnya bermain, mari kita latih kemandiriannya dengan mengajaknya merapikan mainan sendiri. 

Berikut tips yang agar anak mau merapikan mainannya sendiri:


1. Menyiapkan space atau wadah khusus mainan si kecil di tempat yang mudah terjangkau. 

Dengan menyediakan tempat khusus mainan anak-anak, mereka bisa dengan mudah mengambil mainannya kapanpun mereka mau, dan terbiasa kembali merapikan mainannya. 

2. Menurunkan standar kerapian Ibu. 

Untuk standar kerapian ini bisa dibiasakan secara bertahap, kita tidak bisa memaksa si kecil yang belum terbiasa beres-beres untuk mengikuti standar kita. Jadi jangan kecewa ya, moms, jika buku atau mainan si kecil masih berantakan, poin utamanya adalah melatih si kecil supaya terbiasa beres-beres. 

3. Membuat beres-beres terasa menyenangkan. 

Siapapun pasti malas ketika terlalu banyak didikte, disuruh-suruh. Biarkan mereka memiliki kenyamanan dalam memilih pola beres-beresnya sendiri. 

Biasanya anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya, jadi tidak perlu gusar dulu ya moms. Anak-anak bukan pendengar yang baik tapi mereka adalah peniru ulung. 

Selain itu bisa juga menciptakan suasana yang ceria dengan bernyanyi bersama-sama sambil merapikan mainan. Biarkan anak berekspresi. 

4. Menghargai Anak untuk Memutuskan Mainan yang akan disimpan atau masih dipakai bermain. 

Seringkali Ibu tidak sabar ketika melihat mainan berantakan, dan langsung membereskan semuanya tanpa tedeng aling-aling. 

Mengobservasi anak sambil mengajaknya untuk mensortir mainan yang masih ingin dipakai atau langsung disimpan akan membuatnya merasa dihargai dan tidak membatasi kreativitasnya. 

5. Mengapresiasi Anak atas Kerja kerasnya.
 
Mengapresiasi anak merupakan hal yang krusial, hal tersebut membuat mereka merasa puas akan hasil kerja kerasnya, menumbuhkan kepercayaan dirinya dan juga merasa dihargai. 

Walaupun hasilnya tidak sesuai ekspektasi kita, kita bisa menyelipkan nasihat sambil mengapresiasinya. 

Alhamdulillah, di hari ke-2 tantangan lima belas hari zona 2 kelas Bunda Sayang ini, saya mencoba mengajak anak-anak merapikan buku-buku ke raknya. 

Dalam sekali ajakan mereka langsung menyambut positif, terutama si sulung yang kemudian dicontoh oleh adiknya. Melihat respon anak-anak yang begitu bersemangat membuat saya merasa bahagia dan bangga melihat si Abang yang sudah mulai bisa diandalkan. 

Tantangannya saya harus lebih sering mencontohkan bagaimana cara beres-beres yang saya kehendaki agar anak-anak meniru cara beres-beres yang sesuai. 


#harike2

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Continue reading Tips Mengajak Anak Merapikan Mainannya