Rabu, 07 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak: Learning Healthy Habit

Sebuah keputusan besar lainnya yang saya ambil adalah mendaftarkan Abang kelas online di Little Explorer Daycare. 

Dan Alhamdulillah keputusan tersebut tidak sia-sia. Abang semangat sekali mengikuti setiap instruksi Miss-nya. Walaupun jadwal belajarnya mepet dengan jam tidur, tapi Abang tetap happy. 

Jika ada yang berkata, kita tidak pernah terlalu tua untuk belajar, maka hal tersebut pun berlaku untuk anak-anak, tidak ada kata terlalu muda untuk belajar. 

Seperti yang dijelaskan dalam buku Hebatnya Hipnosis Anak bahwa sampai usia 7 tahun, anak-anak masih didominasi oleh pikiran bawah sadar, oleh karena itu, momen ini adalah kesempatan emas bagi para orang tua untuk melejitkan potensi anak dengan sugesti dan aktivitas positif yang tidak hanya membuat anak-anak bahagia tetapi juga bisa menstimulus sensori mereka. 

Di pertemuan pertama kelas online ini, kami belajar tentang tema healthy habit, yaitu mengajarkan anak tentang pentingnya mencuci tangan. 

Strategi yang dilakukan untuk menanamkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan simulasi. Di kelas online, kami belajar menggunakan percobaan science sederhana, diantaranya:

1. Memasukkan gambar tangan ke dalam air



Percobaan ini menggunakan prinsip ilusi optik atau pembiasan. Cahay dibelokkan oleh optik, dalam hal ini adalah air. Jadi, ketika dilihat dari atas, tangan yang kotor ketika dimasukkan ke dalam air terlihat menjadi bersih. 

2. Mencuci tangan menggunakan glitter dan sabun

Teknisnya kami memasukkan glitter ke dalam air, ketika tangan dicelupkan ke air yang sudah dimasukkan glitter tersebut, maka glitter akan menempel pada tangan. 

Tangan satunya yang masih bersih, kami oleskan sabun, kemudian dicelupkan ke dalam air yang berisi glitter tadi, dan glitter tidak menempel. Ini mengajarkan anak tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun. 

3. Mencuci gambar tangan dengan memasukkannya ke dalam keran air



Teknisnya gambar tangan yang ditaruh gambar bakteri, digeser ke kanan atau kiri masuk ke lubang gambar keran air. Maka gambar bakteri akan tersangkut di air, dan tangan menjadi bersih. 



Selain dengan melakukan simulasi, kami juga belajar gerakan mencuci tangan. Alhamdulillah Habibi bisa mengikuti instruksi, walaupun masih terlihat bingung. Tantangannya ketika melihat air, dia tidak mau berhenti dan ingin terus bermain air. 

Perasaan Ibu as always, bahagia sekali mendampingi setiap aktivitas atau hal-hal baru yang dilakukan anak. 

Reaksi Abang: Excited, fokus, dan ingin menampilkan yang terbaik pada Ibunya. 

Terimakasih anakku. I love you. 

Untuk video keseruan kami hari ini, sudah diupload ke vlog pribadi kami, klik di sini ya! 


#harike6

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar