Senin, 05 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak: Menjaga Adik

Ketika Ibu terdesak kebutuhan untuk ke toilet sedangkan di rumah tidak ada orang untuk menjaga anak-anak, pasti bingung dan khawatir. Terlebih jika ada dua orang balita yang sedang aktif-aktifnya. 

Akhirnya walaupun usia si Abang baru tiga tahun, mau tidak mau Ibu menitipkan adik kepada Abang. 


Strategi yang saya ambil ketika menitipkan adik ke Abang diantaranya:

1. Memberi pengertian bahwa Ibu butuh pergi sementara waktu

Di usianya yang menginjak 3 tahun, Abang sudah bisa menangkap instruksi dengan baik. Jadi ketika saya butuh pergi ke toilet atau melakukan aktivitas apapun, hal pertama yang saya lakukan adalah memberitahu Abang, sekaligus meminta izin atau tolong. 

2. Memberikan Kepercayaan dan Tanggung Jawab pada Abang

Memiliki dua orang anak laki-laki dengan rentang usia yang tidak begitu jauh, membuat khawatir. Tapi saya berusaha mempercayai Abang, dengan mengatakan kepadanya, bahwa saya sangat mengandalkannya untuk menjaga Adik ketika Ibu pergi, walau hanya ke toilet. Ketika merasa dibutuhkan atau dipercaya, Alhamdulillah Abang menunjukkan optimisme dan kedewasaannya muncul. 

3. Memastikan Kondisi Aman

Ketika saya tidak bisa memantau anak-anak, saya berusaha memastikan keadaan aman, misalnya dengan mengunci pintu depan, supaya tidak ada orang lain yang masuk ketika saya di toilet. Juga menyingkirkan benda-benda yang berpotensi membahayakan anak-anak. 

4. Memberikan Mainan atau Makanan

Anak-anak biasanya aktif dan kreatif, tapi meskipun begitu, saya menyediakan mainan atau busy book dan buku-buku bacaan untuk mengalihkan perhatian mereka supaya tidak terlalu kehilangan ketika Ibu pergi. 

Tantangannya walaupun Abang sudah bisa diandalkan untuk menjaga Adik, tapi mereka masih sering berebut mainan. 

Abang yang sudah mengerti kepemilikan kadang merasa risih ketika Adik merebut mainannya. Akhirnya adik menangis karena keinginannya tidak terpenuhi, tapi kemudian jika melihat adiknya menangis, Abang akan mengalah dan memberikannya mainan. 


#harike4

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar