Kamis, 15 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak: Menyapu Kamar

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Itulah yang ingin saya tanamkan dalam anak-anak. Keadaan rapi dan bersih pun membuat pikiran segar, dan hati bahagia. 

Sebenarnya fitrah menyukai kebersihan sudah ada dalam diri anak-anak, contohnya ketika mereka masih bayi, mereka akan menangis ketika pipis atau buang air besar karena merasa tidak nyaman. 

Hal ini yang ingin terus saya jaga, karena keadaan yang kotor bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Terlebih lagi anak-anak memiliki kulit yang sensitif dan mudah terkena alergi. Baru-baru ini ade terkena Dermatitis Atopik, kulitnya menjadi penuh dengan (seperti) ruam, dan tangannya tidak bisa berhenti menggaruk. Menurut dokter, dermatitis adalah penyakit kambuhan, kuncinya adalah selalu menjaga kesehatan. 



Saya mengajak Abang untuk menyapu kamar menggunakan sapu dan pengki kecil, dia tampak seperti sudah terbiasa menggunakannya dari lama, memang ketika bermain mereka kerap menggunakan sapu sebagai alat bermain mereka. 

Ketika umurnya masih dua tahun, saya sering mengajaknya membersihkan halaman menggunakan sapu lidi, jadi tak heran dia sudah mahir menggunakan sapu. 

Sukses saya hari ini adalah ketika anak paham bahwa keadaan kotor itu adalah keadaan yang tidak baik sehingga harus dibersihkan. 

Perasaan saya melihat anak-anak turut serta dan membersihkan kamar adalah bahagia. Dan perasaan anak-anak ketika dilibatkan dalam kegiatan adalah semangat. 


#harike10

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia


0 komentar:

Posting Komentar