Minggu, 11 Oktober 2020

Melatih Kemandirian Anak: Mengupas Buah

Melatih kemandirian anak seperti mengupas buah sebenarnya selain mempersiapkan anak untuk menghadapi kehidupan ke depannya, ternyata bisa melatih motorik halusnya. Tangannya menjadi lebih terampil, dan melatih perkembangan anak dalam penguasaan emosinya. 


Mengupas buah pisang menjadi salah satu aktivitas sensori yang menyenangkan bagi anak-anak. Di awal Abang masih agak kesulitan untuk mengupas buah pisang, tapi setelah diberi contoh, gerak tangannya dalam mengupas semakin cepat dan terlatih. 

Dalam satu hari latihan itu, Abang menghabiskan satu sisir pisang sendirian, entah karena lapar atau karena senang setelah menguasai hal baru (mengupas). 

Untuk ke depannya saya akan menambah variasi buah yang bisa dikupas, seperti buah Rambutan, kelengkeng, jeruk, salak, dan buah-buah lainnya yang disukai oleh Abang.
 
Ketika diobservasi ternyata Abang begitu excited dengan aktivitas ini. Setelah berjuang mengupas kulit buah, mulutnya langsung sumringah sambil memasukkan buah pisang ke dalam mulutnya. 

Memang buah dari kerja keras itu manis, ya, Bang? Secara tidak langsung, saya menyelipkan nilai tentang usaha dan kerja keras dalam aktivitas ini. 

#harike8
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar