Rabu, 07 Oktober 2020

Review Buku Hebatnya Hipnosis Anak: Strategi Tepat Mengelola Emosi Anak Anda

Penulis: Asep Herna - Master Hypnotherapy (Certified Instructor) 

Penerbit: Pandamedia

Tahun terbit: 2014

ISBN: 979-780-705-3

Review-Buku-Hipnosis-Anak

Praktik Hipnosis dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernahkah ketika anak terjatuh, kemudian hanya dengan satu kali usapan atau tiupan dari Ibu, rasa sakit anak hilang?

Atau pernahkah ketika anak menangis kemudian dengan pelukan hangat dari Ibu, anak berhenti menangis?

Ternyata secara tidak sadar dalam keseharian kita sudah menerapkan praktik hipnosis. 

Hipnosis adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mengupas secara teknis tentang pikiran bawah sadar dan salah satu cabangnya yang mengenai pemberdayaan pikiran bawah sadar adalah hipnoterapi. 


Dalam buku ini penulis berharap dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana membantu anak-anak dalam mengolah sumber daya yang dimilikinya. Buku ini juga diharapkan dapat membantu anak-anak untuk melewati berbagai gangguan psikologis yang mungkin terjadi dalam perjalanan menuju kedewasaannya. 


Pernahkah kita bertanya kenapa bayi dari mulai lahir menunjukkan kecerdasan yang luar biasa? Dari yang hanya bisa menangis, kemudian bisa mulai melihat, tertawa, merangkak sampai berjalan. Ternyata anak kecil usia nol sampai tiga tahun sangat didominasi oleh pikiran bawah sadarnya. Pikiran sadarnya baru mulai aktif ketika usia tiga tahun, walaupun masih tetap didominasi oleh pikiran bawah sadar sampai usia tujuh tahun. 


Mengoptimalkan Potensi Anak Melalui Hipnosis

Lantas bagaimana cara kita memberdayakan potensi anak melalui hipnosis? Seperti komputer, pikiran bawah sadar adalah hardware, dan sugesti adalah softwarenya. Kita bisa menginstall program-program yang bermanfaat ke dalam hardware. 


Saya sering merasa sedih ketika berkomunikasi dengan anak tapi mereka terlihat tidak mengacuhkan saya. Ternyata dalam buku ini dijelaskan bahwa ketika anak terlihat seperti tidak menyimak apa yang kita dengarkan, itu adalah waktu yang tepat untuk menanamkan sugesti positif pada anak.


Dalam buku ini dijelaskan ada dua puluh momen sugestif anak, ketika pikiran bawah sadarnya terbuka lebar secara alamiah, diantaranya

  1. ketika mengantuk,
  2. 30 menit pertama ketika tidur,
  3. ketika bermimpi,
  4. ketika mengigau,
  5. 30 menit sebelum bangun,
  6. ketika fokus membaca buku,
  7. ketika bermain game,
  8. ketika menonton,
  9. ketika asyik menggambar, melukis atau menulis panjang,
  10. ketika melamun,
  11. ketika mengingat sesuatu,
  12. ketika bingung,
  13. ketika banjir informasi,
  14. ketika terkejut,
  15. ketika terpana atau kagum,
  16. ketika menangis,
  17. ketika marah,
  18. ketika sedih,
  19. ketika takut, dan
  20. ketika berdo'a. 


Penulis menyatakan sekitar 80% penyakit adalah penyakit mental. Yang menarik adalah pengalaman penulis ketika melakukan hipnoterapi pada anak penderita lupus yaitu penyakit autoimun. Penulis berpikir jika tangan dan kaki saja bisa dikendalikan oleh otak, begitupun sel darah putih.


Lupus adalah penyakit yang masih belum ditemukan obatnya, dan penulis mengklaim sampai bukunya selesai ditulis, gejala lupus yang dialami anak tersebut sudah mulai menghilang dan dokternya pun menyatakan bahwa kemajuan anak tersebut sangat pesat. Menurut saya ini adalah sebuah pernyataan yang sangat berani walaupun based on experience. 


Selain diajak untuk memahami mekanisme pemikiran anak, kita juga diajak untuk mengelola emosi dan mengeksplorasi bahasa anak. Penulis juga membagikan tekniknya dalam bentuk permainan yang dapat dilakukan bersama anak-anak. Permainan-permainan tersebut pernah saya temui dalam seminar ESQ ketika sekolah menengah. 


Menurut saya buku ini bisa dibaca oleh anak-anak sekolah maupun orang tua atau calon orang tua, karena dalam buku ini tidak hanya dijelaskan tentang bagaimana melejitkan potensi anak saja tetapi juga bagaimana kita bisa mengelola emosi kita sebagai manusia. Dan beberapa teknik dalam buku ini pernah saya praktikkan, and it worked. 


Saya melihat proses hipnoterapi ini penting dilakukan oleh kita sebagai orang tua untuk membangun mental positif anak, menjawab berbagai masalah mental anak baik yang berkaitan dengan proses belajarnya maupun di luar hal yang berhubungan dengan proses belajar tersebut.


Sebagai orang tua kita bisa melakukan hipnoterapi sederhana selama kita mengetahui momen krusial sugestif anak dan memahami strukturnya seperti yang dijelaskan di buku ini. Salah satunya kuncinya adalah komunikasi atau kemampuan berbahasa yang bisa digunakan sebagai alat empowerment


Saya mendapatkan ebook ini secara resmi sebagai hadiah dari sebuah acara GeMAH atau Gerakan menghafal Asmaul Husna yang dimotori oleh coach Kemas Aditya (Licensed ESQ Trainer DR HC Ary Ginanjar Agustian). Jadi belum bisa mengeksplorasi audio untuk empowermentnya.


Membaca buku ini saya teringat pada salah satu drama korea yang berjudul Sky Castle, dimana salah satu lakonnya adalah seorang mentor yang berhasil meloloskan para menteenya masuk ke universitas-universitas paling bergengsi di Korea dengan jaminan 100% lolos. Ternyata salah satu metode yang digunakan selain teknik belajar seperti posisi meja belajar, pencahayaan yang tepat, juga menggunakan hipnoterapi. Melihat efeknya sungguh mencengangkan. 


⭐⭐⭐⭐

1 komentar:

  1. Mbak Riska, Aku makin penasaran dengan buku hipnosis ini. Perlu belajar kata-katanya dan tekniknya.

    Walau baca buku, tanpa ikut workshop, udah cukupkah untuk menerapkan hipnoterapi di rumah?

    BalasHapus